Wednesday, July 31, 2019

4 Keuntungan Memulai Usaha Jasa Desain Grafis dengan Sederhana

4 Keuntungan Memulai Usaha Jasa Desain Grafis dengan Sederhana. Perkembangan usaha di dunia modern tidak lagi memikirkan seberapa besar modal uang yang harus dikeluarkan. Akan tetapi, justru sekarang ini untuk memajukan suatu negara adalah seberapa besar tingkat skill atau kemampuan seseorang. Contoh seseorang yang mempunyai skill di bidang desain, pelukis, dan sebagainya.

4 Keuntungan Memulai Usaha Jasa Desain Grafis dengan Sederhana


Membuka sebuah usaha dengan memiliki kemampuan tertentu justru mendatangkan berbagai macam kepuasan tersendiri bagi kamu dan customer. Pada dasarnya hasil dari kerja keras orang-orang yang mempunyai kemampuan tertentu, mendapatkan penghasilan atau upah yang lebih tinggi.
Misalnya adalah orang-orang yang memiliki usaha di bidang jasa desain grafis. Berikut adalah 4 keuntungan buat kamu yang membuka tempat usaha jasa desain grafis ini dengan modal sederhana.
Mempunyai Branding Sendiri

Setiap brand mempunyai kisah perjalanan sukses tersendiri. Saat kamu ingin membuka suatu usaha yang dibutuhkan adalah mempunyai merk atau branding. Tujuannya adalah supaya orang-orang atau calon customer semakin menaruh kepercayaan kepada usaha kamu. Kamu bisa memulainya dengan memilih nama brand yang tepat dan menarik untuk jenis usaha jasa kamu.
Sedangkan keuntungan yang kamu dapatkan membuka jasa desain grafis adalah membuat kamu mampu menciptakan hal-hal kreatif. Selain itu modal yang kamu butuhkan juga sederhana. Pertama adalah kemampuan mendesain, laptop atau PC yang memuat aplikasi pengolah foto/gambar/data, dan promosi.

Memperbanyak Relasi
Keuntungan kedua saat kamu membuka jenis usaha ini adalah memperbanyak relasi dengan orang-orang yang belum kamu kenali sebelumnya. Dari relasi ini kamu akan mendapatkan banyak customer yang akan menggunakan jasa kamu. Selain memperbanyak relasi dengan calon customer, kamu juga harus membangun relasi dengan pesaing.

Saat kamu mulai membangun relasi baik dengan pesaing, hal yang kamu dapatkan adalah ilmu yang bermanfaat. Seorang pesaing usaha yang sudah maju lebih dulu biasanya mempunyai banyak ilmu dan teknik penjualan yang relevan. Dari situ kamu bisa mempelajari berbagai macam teknik memasarkan branding di tempat jasa desain grafis milik orang lain.

Penghasilan yang Besar 
Rata-rata yang membuka usaha jasa, selain mendapatkan personal branding yang bagus, juga mendapatkan penghasilan yang besar. Misalnya, rata-rata tukang jasa mematok harga untuk pembuatan logo kategori minimalis paket satu untuk satu orang berkisar Rp. 150.000 untuk revisi 3x dan proses pengerjaan dalam waktu 1-2 hari pada waktu jam kerja.
Kemudian, harga untuk pembuatan logo kategori minimalis paket tiga berkisar Rp 300.000 untuk revisi 3x dan proses pengerjaan dalam waktu 1-2 hari di jam kerja. Terakhir, harga untuk kategori minimalis paket 5 berkisar Rp 500.000 mendapatkan revisi 3x dan proses pengerjaan tetap sama. Perhitungan sederhana dari laba yang dihasilkan memang sesuai dengan kualitas dan kondisi jasa desain grafis.

Media Promosi yang Efektif
Salah satu keuntungan membuka jenis usaha ini adalah sebagai media promosi yang efektif. Menawarkan jasa desain kamu kepada orang-orang, tidak hanya pandai membuat logo dan stiker. Namun ada beberapa desain yang harus kamu kuasai. Diantaranya adalah logo desain, corporate identity, company profile, brochure design, website design, marketing and promotion, newsletter, flyer, standing banner.

Jasa desain grafis yang kamu promosikan harus benar-benar mempunyai keunikan dan perbedaan dari para pesaing yang ada. Seringkali desain yang dibuat hanya berdasarkan nilai kesenian dan kepuasaan saja. Artinya, karya yang dihasilkan tidak mempunyai makna tersendiri bagi customer. Sebuah usaha yang memiliki nilai kualitas pada customer, akan menjadi media promosi yang berkualitas pula.
Demikian 4 keuntungan yang kamu dapatkan membuka usaha jasa desain grafis yang sederhana. Kamu juga harus membuat tempat usaha jasa desain grafis dengan konsep, pelayanan dan promosi yang unik.