Friday, February 23, 2018

Pelatihan Sablon & Kursus Desain Grafis Karangtaruna Desa Ringinrejo Kec Wates Kab Blitar


24Yeartrong adalah Distro dan Rumah Produksi yang Fokus pada Pembuatan Kaos atribut dan Trend anak muda,
Pada artikel ini saya akan Menceritakan Proses Belajar Kursus yang Diadakan Desa Ringinrejo Jolosutro, Materi yang saya bawakan adalah Desain Grafis Dan Sablon,
Sablon adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan Bingkai (screen) dengan kerapatan tertentu dan umumnya barbahan dasar Nylon atau sutra (silk screen). Layar ini kemudian diberi pola yang berasal dari negatif desain yang dibuat sebelumnya di kertas hvs atau kalkir. Kain ini direntangkan dengan kuat agar menghasilkan layar dan hasil cetakan yang datar. Setelah diberi fotoresis dan disinari, maka harus disiram air agar pola terlihat lalu akan terbentuk bagian-bagian yang bisa dilalui tinta dan tidak.
Proses pengerjaannya adalah dengan menuangkan tinta di atas layar dan kemudian disapu menggunakan rakel yang terbuat dari karet dengan kekerasan tertentu tergantung Kebutuhan. Satu Screen digunakan untuk satu warna. Sedangkan untuk membuat beberapa warna dalam satu desain harus menggunakan alat bantu agar presisi.


Kemudian Desain Grafis, Desain yang saya bagikan disini adalah Desain dan setting Filem untuk Aplikasikan di Sablon Kaos. tapi pengaplikasian Desain Sebenarnya tidak melulu tentang sablon.
Aplikasi yang saya Pakai adalah Corel Draw, keunggulan Corel adalah detil GAris dan PResisi gambar yang lebih baik dari pada aplikasi lain.
Pelatihan yang diadakan Desa Ringin rejo pada ‎17 July ‎‎2017 ini diikuti dengan antusias Oleh pemuda karangtaruna, desa ringinrejo yang berlokasi di Utara Pantai Jolosutro ini benar-benar desa yang maju, pemikiran Kepala desa yang mengininkan Kemandirian Pemuda Desa ini patut diacungi Jempol, Bagaimana tidak Selain Pelatihan mereka juga diberi Peralatan Sablon Lengkap.
Salah Satu peserta Mengatakan bahwa ini adalah pengalaman pertama kalinya mengikuti Pelatihan Sablon, Proses Desain dan persiapan Sebelum menyablon Di ikuti dengan Cermat, ini merupakan Pengalam Saya dalam Melatih Organisasi Kepemudaan Desa, Semoga setelah ini banyak Pemuda desa yang mandiri dan Berfikir Global maju dan Berprestasi Seperti pemuda Ringinrejo.



Hormat dan Salam Hangat dari saya. Semoga kedepan kita tetap bersilaturahmi dan bisa terus berbagi ilmu.

Sms / Whatsapp :
085806547878